30 Desember 2012

semester kelima!!!


semester lima ini sudah berakhir... sudah separuh perjalanan saya kuliah yeah.. rasanya campur aduk, seneng iya, sedih iya, deg-degan iya, takut juga iya, entahlah :| mending kita review aja gimana si matkul2 di semester kelima ini :

#HEAT AND SURFACE TREATMENT
belajar tentang perlakuan panas dan perlakuan permukaan logam. yang seru dari matkul ini adalah ada kunjungan industrinya hahaha (will be posted on the next post)

#MANAJEMEN PROYEK INDUSTRI
belajar manajemen bro!! bahasanya ekonomi banget dan hmmm ya menambah wawasan sih.. yang seru di sini adalah kami 1 kelas cuma ber19 orang dan yang seru lagi kita disuruh merancang proyek. nah, kelompok gue dapet proyek tentang pembuatan pabrik nikel. jadilah kita berkhayal bikin pabrik nikel hehehe

#ADVANCED MATERIAL
kalo di-bahasaIndonesia-in material mutakhir biasa disingkat matmut (material imut) haha.. disini kita belajar tentang material2 material terbaru gitu yang advanced dan membuka mata kita bahwa material terus berkembang dan jadi bangga bisa belajar sebagai materials engineer. "the world without materials is nothing bro" hahaha

#KOROSI
korosi, bahasa awamnya karat. yap, karat di logam hehe belajar juga nih dan ada praktikumnya juga (kayak yang udah diceritain)... belajarnya gimana ya? overall seru sih dan yang melekat di hati dari korosi ini adalah otak gue terpolarisasi saat belajar tentang polarisasi korosi ~.~

#MATERIAL DAN TEKNOLOGI POLIMER
biasa disingkat matekpol. yap, polimer, another kind of materials. berhubungan sama si rantai karbon yang cukup bikin pusing. as an materials engineer we didn't study about polymerization (ini bagian nya anak kimia ~.~) kita belajarnya teknologi pengolahan nya gimana sampe si polimer ini menjadi sebuah produk. banyak banget prosesnya hahaha dan ternyata polimer ini ga cuma plastik2an banyak loh yg advanced polymer :D

#BAJA PADUAN DAN SUPERALLOY
belajar tentang baja dan paduannya dan gimana aplikasinya.... mulai dari low carbon steel, baja paduan, sampe paduan super yang bisa dipake di temperatur tinggi.. seru sih tapi banyak hafalannya hehe

ngga terasa ya, matkulnya yang belajar di kelas cuma 6 dan sisanya semester ini diisi dengan praktikum.. dan ngga terasa semester ini berakhir tinggal nunggu nilai2 terbuka di SIAK hehe semoga dapet yang terbaik dan segera bersiap untuk semester selanjutnya.. yap, insya Allah 2 semester lagi lulus!! yeaaaah :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar