9 Maret 2013

Seminar Nasional Polimer 2013

setalah lepas dari IMMt, inilah kepanitiaan pertama gue haha iseng-iseng bantuin di bagian acara dan dekorasi buat acara Seminar Polimer ini bersama PJ acara RJ dan teman-teman acara ada Mayang, Dyo, Rangga, dan Masrudin.. tapi.... berhubung ditinggal KP sebulan, jadinya baru bisa bergabung lagi sama teman-teman panitia setelah hampir semuanya beres yang diurusin x_x

oke, langsung ke acaranya...
seminar nasional ini sebenernya acara dari Himpunan Polimer Indonesia (HPI) yang kita cuma diminta tolong jadi EO, dan ketua panitianya adalah Panji (Mt'10) *prk-prok-prok*. seminar ini judulnya "Akan Kemanakah Industri Plastik Indonesia 2013?" judulnya udah kayak tak tau arah yee hahaha. tapi, di akhir seminar tentunya akan tau gimana sih nasib plastik (polimer) di dunia ini nantinya.....

tugas gue yang tersisa dari kepanitiaan ini adalah menghubungi pembicara buat minta materi dan CV plus ditugaskan jadi perumus kesimpulan saat seminar a.k.a. notulen *sepertinya emang bakat jadi tukang nyatet haha* tapi.... ada keseruan tersendiri punya tugas jadi perumus kesimpulan, yaitu gue jadi memperhatikan seminar dan lumayan dapet ilmu baru hohoho. selama acara berlangsung, gue duduk di meja pinggir panggung sama Dyo yang jadi operator laptop.. di sesi-sesi awal lumayan agak ngantuk bro haha maklum masih pagi dan tidur malemnya cuma sebentar x_x tapi setelah coffee break lumayan ngantuknya hilang hehe

jadi, seminar ini diadakan dalam 1 hari yang dibagi jadi 3 sesi, yaitu
"Peta Industri Plastik Masa Kini dan Mendatang" yang membahas tentang gimana industri plastik sekarang, tentang konsumsi bahan-bahan plastik sekarang, dan bagaimana industri plastik di masa mendatang.
"Perkembangan dan Tantangan Industri Plastik Hulu dan Hilir Indonesia" yang membahas tentang tantangan-tantangan yang dihadapi industri plastik yang bergerak di hulu dan hilir
"Peranan Teknologi dalam Perkembangan Industri Plastik di Indonesia" yang membahas tentang peranan instansi pendidikan terhadap industri plastik ini dan teknologi-teknologi pemanfaatan plastik ini misalnya ada yang namanya bio-degradable plastic dan pemanfaatan polimer di pengeboran minyak

dari segi materi, menurut gue sebagai orang yang mereview materi merasa seru memperhatikan materi-materi ini jadi tau gimana sih industri plastik ini di tengah isu global bahwa plastik mulai dilarang karena tidak bisa terurai padahal konsumsi benda-benda berbahan plastik terus meningkat blablabla dan tentunya jadi tau tentang jenis material yang satu ini hehe

dari segi acara, alhamdulillah yang dateng lumayan banyak dan berjalan lancar hoho dan satu yang mau dishare adalah di acara ini kita dikenalkan sama yang namanya bio-degradable plastic dari serat singkong buatan dari Enviplast yang merupakan salah satu sponsor acara ini. untuk lebih jelasnya tentang plstik bio-degradable ini bisa dilihat di sini :) dan saat acara kemarin, kita dikasih contoh plastik bio-degradable ini. niatnya sih plastik-plastik ini pengen dibuat eksperimen di labkim dgn mereaksikan dengan asam, basa, atau air panas hoho cuma pengen liat gimana caranya si plastik ini terdegradasi :)

sekian press release versi gue, semoga foto-fotonya bisa segera menyusul hahaha :D :D 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar