21 April 2019

Remarkable Lies Yet Remarkable Lessons

Berbuat baik. Tidak pernah rugi bagi siapapun yang terus melatih dirinya untuk berbuat baik. Berbuat baik pada diri sendiri, pada orang-orang sekitar, bahkan pada makhluk hidup lainnya. Tapi, harus diingat bahwa ketika kita sudah berbuat baik, sudah menghargai sesama makhluk hidup, sudah memanusiakan manusia, balasan dari orang lain bisa saja tidak baik. Maka bagi saya, saat itulah Allah mau kita belajar. Belajar bahwa dunia ini hanya senda gurau, belajar bahwa ada berbagai macam karakter manusia di dunia.

Pada satu fasa dalam kehidupan saya, ketika hidup saya normal-normal saja, berada pada titik kenyamanan diri sendiri, qadarullah, Allah mendatangkan sebuah pelajaran berharga untuk saya. Memang benar, selama kita masih bernafas, masalah hidup akan terus ada, tinggal bagaimana kita belajar dan mengambil hikmahnya.

Saya berusaha menuliskan sebagai bahan pembelajaran bagi diri sendiri dan mungkin bagi wanita di luar sana. Semoga bisa diambil pelajaran yang baiknya :).

Usia 26 tahun adalah usia yang bagi sebagian besar masyarakat Indonesia adalah usia yang sudah pantas untuk menikah. Tidak salah kan jika memang di usia ini laki-laki dan wanita berada pada proses pencarian pasangan hidup. Tinggal bagaimana cara yang ditempuhnya?

Saya sadar, tidak ingin main-main dalam hal ini. Ketika memang ada laki-laki yang mendekati, ketika saya tidak bisa membalas lebih, maka saya akan menjadikannya teman baik. Pun ketika memang ada yang dengan usaha yang lebih dalam mendekati, saya akan langsung konsultasi pada Allah dan pada mama.

Tidak ada yang salah (pada awalnya), awal menjalin kisah dengan seseorang di pertengahan tahun 2018 lalu, saya serahkan pada Allah yang memiliki hati kami, Allah yang maha menuliskan cerita kehidupan yang terbaik. Dalam istikharah saya minta sama Allah, sederhana. "kalau memang disatukan yaa pasti Allah izinkan untuk dekat. kalau memang bukan, aku minta dijauhkan dengan cara yang baik".

Saat itu, saya memang sudah dengar selentingan bahwa laki-laki ini kurang baik atas sikapnya pada wanita. Apa saya tutup kuping? Tidak. Saya mencari tahu dari seluruh sosial medianya. Yang saya dapat ketika itu adalah kekurangan-kekurangan yang masih bisa ditoleransi. Tidak ada manusia yang sempurna, bukan?

Ketika kita meminta sesuatu pada Allah, jawaban-Nya tidak langsung. Ada kalanya, Allah tahu bahwa kita manusia punya akal untuk berpikir, jadi kadang jawaban itu tepat tapi harus berpikir lebih jauh. Saat itu, saya harus resign dari kantor dan otomatis pisah dengan laki-laki itu. Di saat yang sama, kami malah semakin dekat hingga akhirnya dia berani mengajak saya untuk hubungan yang serius. Qadarullah, mungkin tanda saya harus resign adalah tanda bahwa Allah memisahkan kami dengan cara yang baik, tapi Allah kasih ujian bahwa hubungan kami didekatkan. Jadi, pilihan ada pada saya kan?

Saya waktu itu bilang, "silakan kalau mau serius, datang ke Papa. jangan janji-janji aja" dan dia pun meng-iya-kan ditambah bumbu-bumbu "janji surganya". Waktu itu pun teman-teman di kantor ada yang mengingatkan "mbak yakin? jangan sampai orang kayak mbak Putri gini cuma dimainin. ngga pantes mbak kalo mbak dimainin"

Akhirnya? Iya, saya memang cuma dimainkan. Tapi, di sini saya mendapatkan pelajarannya.

Pertama, saya dikasih barang bekas. Saya tahu harga barang tersebut, saya tahu penghasilan dia sebulan, dan saya agak heran kok ngasih barang ini ke saya. Di akhir hubungan, karena saya tahu harganya berapa dan saya terlalu baik, barang itu saya kembalikan. Dan, sekarang barang itu diberikan ke cewenya yang selanjutnya. Ini pelajaran banget buat saya, ada yang mengajak serius, tapi memberinya barang bekas hahaha! Ini juga tidak sesuai dengan nilai hidup saya di mana Rasulullah saja mengajarkan untuk memberi hadiah itu ya yang terbaik.

Kedua, saya diselingkuhi dengan wanita yang saya kenal. Iya, sama-sama teman kantor. Saya mau membahas ini dari sisi saya saja, kalau ditanya gimana rasanya hubungan yang dengan tujuan serius dirusak oleh orang yang kita kenal? Saya mendoakan, teman-teman wanita saya dijauhkan dari hal seperti ini. Kalaupun memang mengalaminya, saya yakin berarti Allah tahu kalian adalah wanita yang tangguh dan mampu untuk melewatinya, karena Allah tidak akan membebani kita dengan sesuatu di luar batas kemampuan kita kan?

Ketiga, jangan merusak hubungan orang lain. Salah satu prinsip hidup saya adalah tidak mau merusak hubungan orang karena tidak mau menyakiti hati sesama wanita. Tapi, tanpa sepengatahuan saya, ada hati yang tersakiti karena hubungan saya kemarin. Bahkan, saya dihujat dan mau dilabrak sama mantannya laki-laki itu, hahaha!. Kenapa saya bisa lalai dengan hal ini? Padahal katanya sudah mencari tahu lewat sosial media? Ini salah saya, saya terlalu percaya dengan laki-laki itu, sampai Allah menunjukkan sendiri jalan-Nya :). Masya Allah memang ketika Allah sudah turun tangan.

Saya pun bertemu dengan wanita yang mantannya itu. Saya tahu saya salah karena tidak sengaja menyakitinya dan dia juga meminta maaf karena menghujat saya. Pada akhirnya, kami saling meminta maaf dan menyadari bahwa tidak semua kesalahan ada pada kami. Percaya atau tidak, dia ditinggal begitu saja dalam keadaan baik-baik saja untuk ke saya. Kemudian, saya juga ditinggal begitu saja dalam keadaan baik-baik saja untuk ke wanita yang selanjutnya. Hehehehehe this man is exist. Maka dari itu, saya memilih untuk pergi supaya tidak berada di lingkaran hidupnya lagi.

Hal ini juga yang membuat saya belajar untuk selektif dalam memilih siapa yang akan menjadi pasangan hidup. Ketika laki-laki tidak bisa fokus pada satu wanita? bagaimana hidup saya dan anak-anak saya kalau benar saya memilih yang seperti ini? Maka, kita harus punya standar yang bisa ditoleransi dan tidak bisa ditoleransi dalam memilih pasangan. Dan, hal "tidak bisa fokus pada satu wanita" tidak bisa masuk dalam toleransi saya meskipun banyak kekurangan yang bisa saya toleransi.

Keempat, jangan meremehkan orang lain. Ini pelajaran berharga banget buat saya. Dari awal menjalin hubungan, saya sudah diremehkan dengan diberi jam bekas, saya dibohongi, dan saya dianggap rendah yang bisa ditinggal begitu saja. Apa saya jatuh? Alhamdulillah tidak lama :) karena saya tahu diri saya berharga! Di sini saya jadi tahu, bagaimana sikap kita kepada orang lain, itu adalah cara kita memandang diri kita sendiri. Kalau kita bisa menghargai diri kita sendiri, otomatis kita akan menghargai orang lain. Kalau kita bisa berbuat baik pada diri kita sendiri, kita pasti ringan berbuat baik pada orang lain.

Dari kebohongan-kebohongan yang saya terima dari satu orang, dari diremehkan oleh satu orang, saya justru banyak belajar. Bukan saya yang pantas direndahkan, bukan saya yang pantas dibohongi, bukan saya yang pantas diperlakukan seperti ini. Tapi, justru saya kasihan, karena mungkin ada konflik dalam dirinya sendiri, ada sesuatu yang belum selaras pada dirinya, sehingga berakibat pada perbuatan yang merugikan orang lain.

Kita tidak bisa mengubahnya, jangan pernah berharap dengan cinta kita bisa membuat orang berubah. Once they cheated, there will be another cheated. Tidak perlu takut untuk menjauh dari orang-orang seperti ini, karena ketika memang kita berharga bagi seorang laki-laki, dia tidak akan mencari yang lebih baik dari kita (dan mungkin dia tidak akan menemukan hahaha :p). Dan, buat teman-teman wanitaku, kamu itu berharga, jangan rendahkan dirimu dengan merusak hubungan orang lain :).

Pada akhirnya, saya teringat lirik lagu Manusia Kuat-Tulus, "Kau bisa patahkan kakiku, patah tangan, rebut senyumku. Hitamkan putihnya hatiku, tapi tidak mimpi-mimpiku".

Hidup saya sudah baik sebelum mengenal mereka dan akan jauh lebih baik setelah mereka pergi dari lingkaran hidup saya. Terimakasih ya Allah atas pelajaran yang amat berharga di usia dewasa ini :')

I give white roses to all my girl friends, cause white roses have a meaning of friendship :)
#SpreadLoveNotHate #WomanEmpowerment

1 komentar:


  1. * KUNJUNGI SITUS KAMI DI *

    WWW.ID303.INFO


    MENANG BERAPAPUN, PASTI KAMI BAYAR !!! *


    * Melayani LiveChat 7 x 24 Jam Nonstop :

    - WA : 08125522303
    - BBM : CSID303



    Aplikasi S1288 Download Sabung Ayam S128 Android


    Agen Bola Sbobet Terbaik


    www.ayambakar.live

    BalasHapus