22 Mei 2015

Happy Sewing!

salah satu bucket list saya tahun ini adalah belajar hal baru, yaaaaak pilihannya jatuh kepada belajar menjahit! :D kenapa pilihnya belajar menjahit? susah ngga sih awal belajar jahit? gimana sih caranya belajar jahit?

pilihan saya pengen belajar jahit pertama karena rumah deket banget sama pasar bahan Cipadu yang bahannya motifnya lucu2 tapi sekarang ongkos jahit di tukang jahit udah mahal :(. lalu di kantor pun dipanas-panasin sama si kak Bibsy yang baju kerja nya hasil jahitannya sendiri, seru banget ih pokoknya hahaha. pokoknya selalu inget kata-kata hitz nya dia "kalo bisa jahit baju, nanti kita ga perlu ngerepotin suami minta-minta baju, toh kita bisa bikin sendiri". #edisimemperbaikidiri

singkat cerita akhirnya saya memberanikan diri minta ajarin menjahit sama nenek. oiya, alhamdulillah nenek bisa menjahit dan punya mesin jahit di rumah, walaupun umur mesin jahitnya sama umur saya masih tuaan mesin jahitnya hihihi. awalnya, kata nenek yang penting bisa jahit lurus dulu. tapi, ternyata susah yaaa awalnya *yaiyalah mana ada awal yang mudah haha

awal belajar jahit, saya coba-coba jahit lurus pake sprei dan sarung bantal bekas yang ada di rumah haha yah pokoknya main jahiit aja buat latihan sinkronisasi antara kaki, tangan, dan hati #aseek. setelah cukup pede jahit-menjahit, akhirnya saya hunting bahan ke pasar Cipadu dan niat awalnya mau jahit rok dulu aja yang gampang. sampe di rumah, ditantang sama mama buat sekalian bikin baju aja karena kata mama rok mah murah bisa beli aja :p

cara awal bikin baju tentunya bikin pola. untuk pertama ini yang bikin pola masih nenek dan belum diukur-ukur (maklum ga punya meteran jahit), jadi cuma ngikutin ukuran baju yang ada. oke jeng jeng jeng, mulailah menjahit! saat menjahit, bagian sulit pertama adalah pasang sambungan leher hahaha karena jahitnya harus melengkung -_- untuk bagian ini masih dibantuin sama nenek hehehe. bagian sulit kedua adalah pasang lengan ke badan. ini juga susah karena menjahitnya harus melengkung, tapiii ini saya berusaha sendiri sampe-sampe dipasang jarum pentul banyaaaak hahaha
daaaaan ini dia penampakan dari 1st sewing project saya:


setelah selesai baju dengan motif bahan di atas, langsung merasa menjahit itu seru yaaaah :D walaupun agak susah belajarnyaaaa hahaha. yang bikin semangat adalah kata orang semakin banyak menjahit lama-lama jahitannya akan semakin rapi. jadilah sekarang betah hunting bahan lama-lama hehe tapi pas sampe rumah bingung kapan dijahitnya.

demi memudahkan dan memperdalam ilmu menjahit, saya mulai memerhatikan perintilan yang dibutuhkan, seperti beli meteran, beli kapur jahit, dan beli sepatu mesin jahitnya hehehe. di project selanjutnya, ukuran polanya udah diukur sesuai keadaan sebenarnya dan saya pun mulai belajar membuat dan memotong pola hehe. daaaan ini dia hasil baju ke-sekian yang terbaru hahaha *meskipun banyak dibenerin jahitannya sama nenek :p


oke, semoga setelah ini saya semakin jago menjahitnya *aaamiiiiin* dan makin banyak model-model yang bisa dibikin hehehe. mungkin hasil-hasilnya masih jauh dari sempurna, tapi bukankah di dunia ini tidak ada yang sempurna? yang penting terus semangat belajar dan memperbaiki yang kurang-kurang :)

Happy Sewing! Sewing is Fun Yeaaaah \(^_^)/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar