1 Mei 2016

Menuju Kelas Inspirasi Jakarta 5

Kelas inspirasi? ada yang pernah denger?
Kelas inspirasi merupakan salah satu kegiatan dari Indonesia Mengajar, di mana kita sebagai pegawai profesional mengenalkan profesi kita ke adik-adik sekolah dasar. Kelas inspirasi ini udah banyak diadakan di berbagai macam kota di Indonesia dan tahun ini akhirnya saya berkesempatan ikut di Kelas Inspirasi Jakarta 5. Untuk yang mau tau lebih jauh tentang kelas inspirasi bisa buka www.kelasinspirasi.org

Sebenarnya saya udah tau tentang kelas inspirasi ini dari dua tahun yang lalu. Saat itu mau ikutan daftar jadi inspirator syaratnya harus minimal 2 tahun kerja, mau jadi fasilitator syaratnya harus pernah ikut kelas inspirasi sebelumnya. Satu-satunya yang bisa diikutin adalah jadi fotografer atau videografer, lah tapi saya ga bakat -__-. Nah, akhirnya tahun ini kesampean juga bisa gabung di kelas inspirasi sebagai inspirator.

Kegiatan pertama setelah terpilih jadi relawan inspirator adalah datang briefing yang diadakan di Soehana Hall, The Energy Building Jakarta. Waktu itu briefingnya hari Minggu pagi, yak, udah hari Minggu pagi-pagi lagi kan hahaha :p. Waktu datang ke tempat briefing, ternyata banyak banget orangnya, banyak banget relawannya hahaha wow banget lah pokoknya.
Ini para relawan yang datang di Soehana Hall, saya ga tau lah ada di mana :p
Acara briefingnya pun seru pake banget! kayaknya ini briefing acara terseru yang pernah saya ikutin hehe. Saat itu kita diajarin gimana caranya menghadapi anak-anak, diajarin ice breaking untuk menguasai kelas, dll. Saya senang sekali berada di sini, kayak menemukan orang-orang yang satu frekuensi, orang-orang yang satu semangat untuk menjadi relawan, untuk merendahkan hatinya berbagi pengalaman kepada adik-adik sekolah dasar. Ternyata banyak juga loh yang kerjanya udah bertahun-tahun yang mungkin posisi di kantornya udah tinggi tapi masih mau ikutan acara ini. Di akhir acara, kita dipertemukan sama guru dari sekolah yang nantinya akan didatangi. Saya tergabung dalam kelompok 1 di SDN Kedoya Utara 09 Pagi. Alhamdulillah ga jauh dari rumah hehehe.
Kelompok 1 yang profesinya bener-bener beraneka ragam.
Bersyukur banget nambah banyak teman baru dari berbagai bidang
Setelah pertemuan pertama satu kelompok, dimulailah persiapan-persiapan dimulai dari diskusi di grup WA, sampe akhirnya kita ketemuan rapat di suatu tempat untuk menyiapkan keperluan kelompok. Rapatnya dan persiapan-persiapannya pun ga kalah seru! pokoknya kalo ketemu orang-orang yang positif dan satu semangat saya jadi semangat hahahaha :D 

Sekarang, udah H-1 dari hari mengajar, tiba-tiba saya mulai demam panggung (padahal tampilnya di kelas bukan di panggung *krik *krik) Setiap inspirator dikasih jatah masing-masing mengajar 4 kelas. Alhamdulillah saya cuma dapet kelas 4,5, dan 6 hahaha dan alhamdulillah kebuntuan mau ngajarin apa ke mereka sudah tidak ada, tinggal deg-degan nya aja haha dan tinggal siapin suara buat ngajar di 4 kelas :) Bersyukur banget waktu rapat itu juga sharing-sharing tentang gimana pengalaman kelas inspirasi sebelumnya (karena sebagian emang udah ada yang berkali-kali ikutan), gimana caranya kalo udah blank di kelas, gimana caranya kalo anak-anaknya ga bisa diem ahahah :D

Sekian #MenujuKelasInspirasiJakarta5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar