5 April 2017

Memulai Hidup Sehat Sedini Mungkin

Bulan Maret lalu saya mengikuti webseries di Youtube yang berjudul "SORE - Istri Dari Masa Depan". Awalnya, saya tahu webseries ini salah satu grup Whatsapp saya dan ternyata setelah menonton satu episode pesannya "ngena" banget. Jadilah saya mengikuti sampai serialnya habis sebanyak sembilan episode dan setiap episode pun tidak begitu lama durasinya.

Sebenarnya, serial ini adalah sebuah serial promosi dari salah satu produk gula untuk penderita diabetes. Tapi, dibalik promosi produknya, ternyata pesan yang disampaikan sungguh mendalam, latar tempat di Italia yang sungguh cantik, dan pemainnya Kak Tika Bravani (salah satu artis favorit karena satu almamater SMA & kuliah walaupun ga kenal langsung).

Salah satu scene SORE - Istri Dari Masa Depan
Cerita dari serial ini sederhananya adalah ada seorang laki-laki Indonesia bernama Jonathan yang tinggal dan bekerja di Italia. Gaya hidup Jonathan ini sangat-sangat tidak sehat, seperti minum alkohol, bekerja sampai begadang, tidak pernah olahraga, dll. Suatu hari datanglah Sore, istri Jonathan di masa depan, untuk mulai mengubah pola hidupnya. Selama ada Sore, asupan makanan yang harus dimakan Jonathan adalah makanan sehat, tidak boleh merokok, dan setiap pagi harus lari pagi. Jonathan yang masih suka bekerja hingga begadang, akhirnya dalam suatu episode bertengkar dengan Sore karena Sore melarangnya begadang. Sampai pada akhirnya Sore menyampaikan bahwa kalau dia pergi ke masa lalu Jonathan sebelum mereka menikah untuk mengubah pola hidup Jonathan yang buruk menjadi sehat karena ternyata...... kalau pola hidupnya tidak diubah, Jonathan akan meninggal di usia muda dan meninggalkan Sore beserta anaknya.

(Buat yang penasaran bisa dimulai episode 1 : https://youtu.be/PY3_jveYQSI )

Setelah menonton serial ini, yang ternanam di benak saya adalah hidup sehat itu dimulai dari sekarang, mumpung masih muda. Hidup sehat ini bagi saya adalah cara untuk menghargai dan menjaga tubuh kita, sebagai rasa syukur dan respect terhadap Tuhan yang telah memberikan hidup kepada kita. Kalau bukan diri kita sendiri yang menjaga, siapa lagi? Dalam dunia nyata memang tidak mungkin ada seseorang dari masa depan yang mengingatkan kita untuk menjaga dan menghargai kesehatan kita, jadi ya yang bisa mengingatkan adalah diri kita sendiri.

Setelah menonton serial ini, saya seperti teringat pesan Pakde, "Kalau anak muda seumur kamu banyak yang suka makan micin, junkfood, ngga suka makan sayur dan buah, paling umur 40 tahun nanti sudah terserang penyakit yang macem-macem". Jangankan nanti, sekarang pun saya suka sedih kalau liat temen-temen seumuran atau lebih tua sedikit ternyata kolesterolnya tinggi atau tekanan darahnya tinggi :(. Buat saya, memang belum sepenuhnya mengikuti pola hidup sehat yang benar-benar strict dalam menjaga makanan. Saya masih di tahap baru sadar untuk mulai menghargai dan menjaga kesehatan dari masih muda. Masih berharap dalam hati semoga istiqomah menjalani ini semua.

Untuk newbie seperti saya yang baru mencoba memulai hidup sehat, bisa diikuti dari langkah kecil saya berikut ini:

#Luruskan Niat
Yang pertama harus dilakukan adalah punya niat untuk mengubah hidup menjadi lebih baik dan niat untuk menjaga  dan mensyukuri hidup yang sudah diberikan oleh Allah.

#Mulai mengatur asupan makanan dan minuman
Pernah mendengar pepatah "you are what you eat"? Ini benar banget, apa yang kita makan akan membentuk diri kita. Tidak jarang penyakit pun datang dari makanan yang kita makan. Jadi, kalau mau mulai hidup sehat, mari mengatur asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita. Untuk saya yang di masa remaja susah makan sayur dan buah, untuk memulai membiasakan sayur dan buah memang cukup sulit hehe tapi alhamdulillah sekarang sudah berhasil memasukkan sayur dan buah ke dalam hidup saya lagi. 

Sayuran dan buah-buahan ini sering saya jadikan cemilan saat di kantor. Mungkin sudah banyak yang menjadikan buah-buahan sebagai cemilan, tapi untuk cemilah sayur rebus? sepertinya masih banyak yang menganggap aneh hehe. Saya melakukan ini untuk mengganti cemilan kue-kue manis atau cokelat karena memang saya ini penggemar dessert dan makanan manis, tapi di satu sisi tidak baik kalau kebanyakan :p. 
Camilan Sehat : Cemilan Sayuran
Mengurangi makanan bermicin/pengawet, junk food, dan minuman soda. Untuk melakukan ini memang sulit, apalagi sekarang banyak jajanan kekinian dan makanan/minuman tersebut masih banyak di sekeliling kita. Tapi percayalah, di mana-mana yang namanya awal memang sulit, ketika sudah berhasil dan menjadi terbiasa, kita akan bersyukur sudah menjauhi yang tidak baik. Seperti saya, saat ini kalau memakan makanan yang bermicin dengan dosis yang sedikit lebih banyak maka saya akan pusing hahaha. Minuman soda pun seperti itu, dalam setahun, mungkin bisa dihitung hanya beberapa kali saya minum soda dan itu pun biasanya icip-icip.

#Bergerak dan Berolahraga
Kebiasaan anak muda zaman sekarang adalah punya istilah "mager" atau malas gerak. Saya beberapa tahun lalu juga terkena virus "mager" kok, tapi sekarang merasa ga bermanfaat banget hidup kita kalau kebanyakan bermalas-malasan. Iya emang enak sih leyeh-leyeh main HP tapi kalau diganti waktu leyeh-leyeh nya untuk olahraga atau berkegiatan pasti di akhir akan lebih bahagia dan sehat karena tidak menyesal waktunya terbuang sia-sia. Terus bergerak di sini bagi saya juga bermakna untuk menggerakan hati dan diri untuk menjaga kesehatan otak dan hati, misalnya dengan banyak bersosialisasi dan bersilaturahmi. Katanya, desain otak manusia itu pada dasarnya adalah social brain jadi untuk menjaga kesehatannya adalah dengan berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Jadi, siap untuk meninggalkan virus "mager" untuk hidup yang lebih sehat?

#Jangan Lupa Bahagia
Saya pernah membaca sebuah artikel di mana ada seseorang yang pola hidupnya sehat, asupan makanannya sudah sangat sehat, tetapi suatu hari dia terserang penyakit mematikan. Ada yang bilang itu adalah takdir karena bagaimanapun kita menjaga kesehatan tetap Allah yang menentukan jalan hidup kita. Tapi, ada komentar yang menarik, di mana ternyata seseorang ini selama sebelum sakit dia memiliki tekanan batin dan tidak bahagia. Sepertinya ada benarnya juga, penyakit itu bisa datang dari hati dan pikiran yang tidak sehat dan tidak bahagia. Jadi kuncinya adalah jangan lupa bahagia supaya tidak terkena penyakit hati yang bisa menyerang dan menyebabkan penyakit fisik. Carilah kegiatan-kegiatan yang membuat kita bahagia atau berkumpul dengan orang-orang yang membawa kebahagiaan untuk kita :). Orang-orang yang bisanya cuma bikin sedih dan berpikiran negatif, please udah tinggalin aja hehe susah sih tapi ya harus dicoba!


Jadi, memulai hidup sehat sedini mungkin ini bukan cuma untuk fisik dan raga saja, juga untuk jiwa dan hati kita karena yang namanya hidup dan kehidupan yaaa jasmani dan rohani, jiwa dan raga. Menjaga diri dan hidup dari masih muda tidak ada ruginya kok, sekarang sehat sampai tua pun sehat, insya Allah. 

Semoga dilancarkan bagi siapapun yang sedang mencoba untuk menghargai hidup dan menjadi pribadi yang lebih baik.

4 komentar:

  1. bagian bergerak dan berolahraga paling zuliiiiit euy :")))

    nice sharing mba....
    www.iamandyna.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai makasi sudah mampir ke sini :)

      Bangeeet saya juga susah kok hahaha
      tapi harus tetap semangaaaat :')

      Salam,
      Putri

      Hapus
  2. Saya jg sudah nonton seri nya..so sweet banget ^_^
    Iyah,, harus jaga kesehatan dari sekarang.. bkn hanya demi diri kita sendiri tp jg demi orang yang sayang sm kt..
    Em,, saran nya keren..sy salah satu org yang paling malas bergerak. Slx sy tipe org yang cepat lelah..tp mau coba dlu deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo terimakasih sudah mampir :)

      Emang so sweet banget serialnya ehehe
      Semoga semangat terus untuk jadi lebih baik ya Mba :)

      Salam,
      Putri

      Hapus